sosiologi

sosiologi
tokoh

Rabu, 21 Desember 2011

KEBUDAYAAN


Menurut ilmu antropologi kebudayaan adalah keseluruhan system gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar. Hal itu berarti hampir sebagian besar dari tindakan manusia adalah kebudayaan.
Kata kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta” buddhayah” yaitu jamak dari buddhi yang berarti “budi” atau “akal”. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengn akal.
Talcott parsons bersama A.L. Kroeber pernah menganjurkan untuk membedakan wujud kebudayaan sebagai suatu system dari ide-ide dan konsep-konsep dari wujud kebudayaan sebagai suatu rangkaian dan aktivitas manusia yang berpola. Pada dasarnya kebudayaan memiliki 3 wujud yaitu:
1.      Wujud Kebbudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan. Wujud ini adalah wujud ideal kebudayaan, sifatnya abstrak, tidak dapat diraba, atau difoto, lokasinya ada dalam pikiran masyarakat dimana kebudayaan itu hidup.
2.      Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. Wujud ini yang sering disebut dengan sisitem sosial, mengenai tindakan berpola dari manusia itu sendiri, system sosial itu bersifat konkret, terjadi  kita sehari-hari, bisa diobservasikan, dan dapat difoto.
3.      Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia. Wujud kwbudayaan ini disebut kebudayaan fisik karena berupa seluruh total dari hasil fisik dari aktifitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat. Maka sifatnya paling konkret dan berupa benda-benda yang dapat diraba, dan dapat difoto


Menurut Koentjaraningrat ada 7 unsur kebudayaan yang dapat disebut sebagai isi pokok dari tiap kebudayaan yang ada di dunia yaitu:
1.      Bahasa
Yaitu terdiri dari bahasa tertulis dan lisan
2.      System pengetahuan
Yaitu terdiri dari pengetahuan tentang sekitar alam. Pengetahuan sekitar alam flora, pengetahuan tentang zat-zat dan bahan mentah, pengetahuan tentang tubuh manusia, pengetahuan tentang kelakuan sesame manusia, dan pengetahuan tentang ruang, waktu dan bilangan.
3.      Organisasi sosial
Yaitu terdiri dari system kekerabatan, system kesatuan hidup setempat, asosiasi perkumpulan-perkumpulan, system kenegaraan.
4.      System peralatan dan tekologi
Yaitu terdiri dari alat-alat produktif, alat-alat distribusi dan transport,wadah-wadah dan tempat menaruh makanan dan minuman, pakaian, perhiasan, perumahan, dan senjata.
5.      System mata pencarian hidup
Yaitu terdiri dari berburu dan meramu, perikanan. Bercocok taman di ladang, peternakan, perdagaaan.
6.      System religi
Yaitu terdiri dari system kepercayaan, system upacara keagamaan, kelompok keagamaan, ilmu gaib, serta system nilai dan pandangan hidup.
7.      Kesenian
Yaitu terdiri dari seni patung, seni patung, seni relief, seni lukis dan gambar, seni rias, seni vocal, seni instrument, seni kesusasteraan, dan seni drama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar